Sabtu, 11 Agustus 2012

Definisi Jarkom...

Definisi Jaringan Komputer,

Jaringan komputer ialah sekumpulan komputer yang saling terhubung baik menggunakan kabel maupun tanpa kabel antara satu dengan yang lain saling berkomunikasi, sharing data, dan memanfaatkan sumber daya (hardware maupun software) secara bersama yang terhubung dalam jaringan tersebut. Dalam jaringan komputer yang menggunakan kabel, atau seperti di lab. komputer sekolah Saya, disebut dengan LAN (Local Area Network) dengan penambahan hardware yang disebut dengan "Hub/Switch" dimana fungsi dari hardware tersebut yaitu menggabungkan komputer-komputer dalam satu jaringan. Dalam jaringan komputer terdapat istilah "komputer server" dimana komputer ini menyediakan layanan kepada "komputer client", atau komputer yang menerima layanan dari komputer server. Jaringan ini bertipe "client-server" tapi ada juga yang bertipe "peer to peer" dimana tidak ada komputer yang berkedudukan khusus sebagai "server". Oya.. terlebih dahulu saya perkenalkan jenis-jenis jaringan:
  1. LAN (Local Area Network) : jaringan yang cakupan areanya meliputi dalam gedung, antar gedung yang memiliki jarak beberapa kilometer.
  2. MAN (Metropolitan Area Network) : jaringan yang cakupan areanya meliputi wilayah geografis lebih luas dari pada LAN tetapi masih menggunakan teknologi LAN. 
  3. WAN (Wide Area Network) : jaringan yang cakupan areanya meliputi wilayah geografis antar "Negara" atau bahkan antar "Benua". 
  4. Internet
  5. Wireless (nomor 3, 4 dan 5 Saya bahas lain waktu, karena lagi dalam pembelajaran disekolah)
“Topologi jaringan” juga ada dalam jaringan komputer, apakah itu?? yaitu cara menghubungkan komputer satu ke komputer yang lainnya membentuk sebuah jaringan. ada banyak topologi jaringan, dimana masing-masing topologi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. tapi yang saya sering jumpai di warnet, topologi yang sering digunakan yaitu topologi star, dan di lab. komp. Sekolah saya pun juga menggunakan Topologi tersebut. kenapa topologi tersebut sering digunakan??

kelebihannya:
  1. Kinerja jaringan bagus
  2. Apabila salah satu komputer mengalami kerusakan dalam jaringan maka komputer tersebut tidak akan membuat mati seluruh Jaringan Star.
kelemahannya:
  1. Membutuhkan Hub/Switch dan pasti menambah biaya.
  2. Tingkat kerusakan pada Hub lebih besar karena sebagai sentral pusat yang memikul beban cukup besar. Topologi ini menggunakan kabel UTP dan Konektor RJ-45 , dan penyambunggan kabel pun ada 2 macam penyambunggan dan masing-masing penyambunggan ada kegunaannya. yaitu
  1. "Straight cable" (kabel lurus) digunakan untuk menghubungkan antar komp. client dengan Hub.
  2. "Crossover cable" (kabel silang) digunakan untuk menghubungkan Hub dengan Hub atau antar dua komputer tanpa menggunakan Hub.         
dipostkan tgall 12-08-2012 (11:05 WIB) oleh Windu86

Tidak ada komentar:

Posting Komentar